Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar.
20 Juli 2018, 12:44:21 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi
Cari:     Pencarian lanjutan
Segera lengkapi Nama Tampilan Anda dengan identitas yang benar, bukan nama samaran.
* Home Bantuan Cari Masuk Registrasi
+  Forum Fakultas Psikologi UGM
|-+  Diskusi Psikologi
| |-+  Psikologi Klinis
| | |-+  Prokrastinasi....
« sebelumnya berikutnya »
Halaman: [1] Cetak
Penulis Topik: Prokrastinasi....  (Dibaca 12346 kali)
Nurul Ayu
Pendatang
*

Karma: +0/-0
Jenis kelamin: Wanita
Tulisan: 5

« pada: 25 Pebruari 2010, 08:43:38 PM »


Prokrastinasi merupakan istilah yang menunjukkan perilaku suka menunda-nunda (bukan menduda-duda).. Namun, setelah beberapa hari ini saya merenung, ternyata saya pun juga prokrastinoator (pelaku prokrastinasi) dalam beberapa kondisi. Mungkin ketika pekerjaan yang saya lakukan kurang menarik, atau saya membuat kesalahan besar, ketika tidak percaya diri, dan ketika tugas yang ada overload..

Nah, bagaimana ilmu psikologi memandang perilaku prokrastinasi dan bagaimana memodifikasi perilaku ini? Silakan teman-teman yang ingin menanggapi dan menemukan jurnal penelitian mengenai prokrastinasi..
Tercatat
Fatimatuzzahro
Pendatang
*

Karma: +0/-0
Jenis kelamin: Wanita
Tulisan: 4


« Jawab #1 pada: 26 Pebruari 2010, 02:27:42 PM »

saya sudah mengidap penyakit ini sejak lama...  :(

bahkan bisa dibilang hampir semua mahasiswa yang saya kenal juga  ???
Tercatat
Istiqomah
Pendatang
*

Karma: +0/-0
Jenis kelamin: Wanita
Tulisan: 2


« Jawab #2 pada: 26 Pebruari 2010, 03:19:35 PM »

teman-teman saya sudah mulai merubah perilaku prokrastinasi saya, sejak mengikuti kuliah psikologi belajar saya membuat main map tentang cita-cita saya. caranya adalah
1. merancang tujuan performansi (cita2) sendiri yang bercirikan SMART (specific, measurable, achieveble, rasional, timeble).
2. merencanakan bagaimana cara dan waktu terbaik untuk belajar.
3. tetep menjaga motivasi
4. fokus pada perhatian dan tugas2 belajar yang terkait dengan tujuan.
5. menggunakan strategi belajar yang tepat sesuai dengan kita.
6. memonotor kemajuan.
7. mengevaluasi hasil akhir.
berkat main map dream itu teman2, syukurlah perilaku prokrastinasi saya berkurang. ;)
Tercatat
Novemy Rachmawati
Pendatang
*

Karma: +0/-0
Jenis kelamin: Wanita
Tulisan: 1

« Jawab #3 pada: 28 Pebruari 2010, 12:39:56 PM »

Untuk Isti... yah,,, beberapa tahapan belajar agar tak menunda waktu adalah sebuah cara namun yang perlu digarisbawahi adalah cara untuk melakukan self monitoring.

Nah, kadang kita sudah tahu bahwa kita punya tujuan dan cita-cita serta misi yang penting kita gapai namun hal tersebut tak memberikan dampak signifikan ketika kita tak mampu menjaga motivasi (tahap ke 3) agar tetap tune ini di setiap pekerjaan kita.

Satu rekomendasi buat penunda waktu:
1. Tambah tugas-tugas Anda, mungkin hal ini terdengar aneh namun semakin banyak tugas kita kita akan semakin merasa terbebani untuk segera melaksanakan semuanya sebelum pada akhirnya terlambat : hal ini cocok buat mahasiswa yang khawatir jika nilai-nilainya anjlok dan dosen yang cermat terhadap tugas2 mahasiswa.

2. Latih diri kita untuk mengemban tugas yang tak hanya terkait dengan kepentingan diri kita sendiri namun juga kepentingan orang lain. Seperti layaknya seorang dokter yang menyelamatkan pasien, ketika kita menunda waktu untuk menyelesaikannya maka yang rugi tak hanya diri kita senidiri namun juga orang lain yang terkena dampak perilaku kita. Biasanya orang-orang seperti ini ditemui pada aktivis / leader / trainer / pembicara / dosen dll.

3. Nah, kalo sudah banyak tugasnya, biasakan buat catatan prioritas agar  kita tak merasa cemas berlebihan terus menerus. Lakukan dengan santai dan keyakinan bahwa kita pasti bisa melampaui semuanya asalkan kita tetap berpikir tenang...

4. Terakhir, ketika energi kita merasa terkuras habis, mulailah kita berangan-angan bahwa pengorbanan kita adalah untuk masa depan yang lebih baik (tujuan kita yang indah). Imajinasi indah kita kan membangkitkan dopamin dalam otak yang membuat kita terdorong untuk terus bersemangat dan bergairah.

Any comment kawand?
Tercatat
arini uliarahma
Pendatang
*

Karma: +0/-0
Jenis kelamin: Wanita
Tulisan: 3


« Jawab #4 pada: 28 Pebruari 2010, 07:41:52 PM »

hmmm.. kayaknya memang prokrastinasi itu udah jadi penyakit yang turun temurun sejak jaman dahulu kala.
temen2 juga mungkin banyak yang ngerasa sebagai anggota prokrastinator ( hhe)

yang terpenting buat permasalahan ini adalah NIAT dari diri masing2 individu.
oke, kayak yang disampaikan isti dengan metode mapingnya atau yang kayak disampaikan temen2 lain diatas, semuanya berujung pada niatan.

kalo ud merancang berbagai jenis tindakan tapi tidak ad niatan..
hmm.. sama saja, hhee btuL??

ooyy iyaa,,
ada baiknya ketika kita pengen memperbaiki tingkah prokrastinasi, ajaklah orang terdekat yang b ertugas untuk mengingatkan..
hmm.. itu pernah saia coba dan berhasil lhoo.

pas jaman SMA dulu,
ad 3 teman saia yang selalu bantu ngingetin tugas ato kita saling kontak2 via sms buat mengingatkan.
lumayan berhasil juga,
Tercatat
Alifah Hidayatunnisa
Pendatang
*

Karma: +0/-0
Jenis kelamin: Wanita
Tulisan: 1

« Jawab #5 pada: 28 Pebruari 2010, 08:29:34 PM »

@ Vemy, iya... setuju sekali! Alhamdulillah dengan punya banyak aktivitas selain kuliah membuat perilaku menunda-nunda pekerjaan berkurang. Karena waktu kita bukan cuma milik kita, ada hak-hak orang lain yang berkaitan dengan waktu di sana.  ;) Selain itu, dengan banyak kegiatan, juga dituntut untuk menyelesaikan satu-per satu tugas-tugas yang diberikan, sehingga dengan sendirinya akan mengatur waktu agar dapat selesai dengan baik.

Tercatat
sunu_psi07
Pendatang
*

Karma: +0/-0
Jenis kelamin: Wanita
Tulisan: 1

« Jawab #6 pada: 04 Maret 2010, 10:02:33 AM »

 ;D
saya juga begitu... sekarang bahkan ada istilah baru di dunia mahasiswa yang mengalami atau mengidap penyakit ini... mereka disebut "pejuang harige" hari G maksudnya :P jadi mereka yang suka menunda pekerjaan dan mengerjakannya di bawah tekanan sebelu hari H alias H-1(hari G)... bingung ya??? saya juga bingung.. tapi lebih bingung lagi kenapa saja mengalaminya. ada yang punya solusi?
Tercatat
aku ratih
Pendatang
*

Karma: +0/-0
Tulisan: 3

« Jawab #7 pada: 18 Maret 2010, 08:11:36 PM »

waah,,sukasuka tips isti&vemy
boleh saya pake jadi bahan presentasi ga ni? (ijin dulu drpada jd tertuduh plagiat  :P)
Tercatat
zaiful79
Pengunjung
« Jawab #8 pada: 24 Maret 2010, 09:24:13 PM »

Salam kenal ;) ;)
Tipsnya sangat baru... :)
Tercatat
wahyupsy
Pendatang
*

Karma: +4/-0
Jenis kelamin: Pria
Tulisan: 43


knowledge becomes real when shared

« Jawab #9 pada: 23 Maret 2011, 10:15:32 PM »

Kalau ada para proskatinator ingin melakukan acara kongres Ikatan Prokastinator ...
Sepertinya acaranya tidak bakal terwujud deh.. ;D
Tercatat
neila
Moderator Global
Anggota Penuh
*****

Karma: +6/-2
Tulisan: 139

« Jawab #10 pada: 23 Maret 2011, 11:33:24 PM »

Wah ini ide bagus..
Ayoooo para yang mengaku dirinya prokrastinator, rancanglah sebuah konferensi nasional.. Mari buktikan bahwa anda sudah sembuh pada saat konferensi terlaksana..
Tercatat
Boni Sena
Pendatang
*

Karma: +0/-0
Jenis kelamin: Pria
Tulisan: 1


« Jawab #11 pada: 20 April 2013, 08:16:01 PM »

Prokrastinasi.. Waduh, istilahnya susah juga ya :) .

Sebenarnya, karakter seperti ini sudah ada pada "hampir" semua mahasiswa ya..  ;D ;D

Dulu, saya juga seperti itu kok.. Jadi tidak usah terlalu dicari-cari cara untuk menyelesaikannya.

Seiring waktu, ketika kita sudah masuk ke dunia kerja. Karakter seperti ini akan hilang dengan sendirinya.

Apalagi, kalau sudah diuber-uber sama 'bos'... Dan melihat tatapan 'bos' yang kayak gini  >:(

Ntar, juga hilang sendiri kok..  :D Dan saya setuju sama kongres Prokrastinasi, dan nanti kita buat teks

pernyataan prokrastinasi  ;)
Tercatat
Halaman: [1] Cetak 
« sebelumnya berikutnya »
 

'SMF 2.0.5 | SMF © 2013, Simple Machines'
Dipersembahkan oleh Fakultas Psikologi UGM